5 Hal Penghambat Karir

Setiap dari kita yang sudah bekerja tentunya ingin memiliki karir yang cemerlang, promosi jabatan dan kedudukan yang terus meningkat di kantor. Namun tidak semua dari kita yang beruntung bisa mendapatkan hal tersebut. Ada usaha dan kerja keras yang harus dipertahankan untuk bisa meraih suatu karir yang cemerlang. Terkadang kita tidak menyadari ada beberapa kendala dari dalam diri sendiri yang harus diperbaiki supaya tidak menjadi penghambat kemajuan karir seperti yang terangkum di bawah ini.

 

1. Tidak Mampu Mengatur Prioritas.

Jika kita tidak mampu mengatur prioritas pekerjaan maka kita akan kebingungan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai dengan deadline. Suatu tugas pekerjaan bisa saja selesai jika dikerjakan tanpa prioritas dan terburu-buru namun hasilnya akan tidak tuntas dan jauh dari yang diharapkan bos atau klien kita. Untuk itu kita harus mampu menyusun prioritas tugas apa yang dikerjakan terlebih dahulu dan konsisten mengerjakannya hingga tuntas.

 

2. Senang Menunda Pekerjaan.

Memang sebagian besar dari kita masih memiliki sifat malas dan suka menunda-nunda dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Sehingga ketika waktunya pekerjaan itu harus diselesaikan hasilnya menjadi buruk dan gagal mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk itu yakinkan diri sendiri saat ada waktu kerjakanlah pekerjaan yang memang bisa dikerjakan dan sebisa mungkin tidak menundanya. Dengan demikian kita akan memiliki manajeman waktu yang bagus.

 

3. Tidak Berani Mengambil Resiko.

Segala keputusan yang kita ambil dalam hidup ini selalu memiliki resiko, tidak terkecuali dalam pekerjaan. Jika ingin mendapatkan karir yang bagus di perusahaan maka akan selalu ada tantangan pekerjaan beresiko yang bisa saja kita ambil karena pekerjaan yang beresiko biasanya memiliki hasil yang lebih bagus jika memang berhasil mengerjakannya. Tapi tentu saja kita harus mempertimbangkan dengan baik resiko yang akan dihadapi saat pekerjaan itu gagal dilakukan sehingga kita sudah siap dan mampu berlapang dada menerimanya.

 

4. Takut Gagal.

Kegagalan merupakan suatu proses yang harus dihadapi ketika kita ingin menggapai kesuksesan. Belajar dan mencoba hal baru yang positif tidak ada salahnya dikerjakan. Ada pengetahuan baru yang akan kita peroleh jika kita berani gagal dan itu akan menjadi modal kita selanjutnya supaya tidak gagal lagi dalam mengerjakan sesuatu. Karena itu janganlah takut gagal dalam mencoba sesuatu yang baru termasuk hal yang berhubungan dengan pekerjaan kita di kantor.

 

5. Malas Networking.

Rajin membangun jaringan dan bertemu dengan banyak orang akan membuka pikiran kita menjadi lebih luas dan secara otomatis akan ada banyak kesempatan dan peluang kerja yang bisa kita ambil untuk memuluskan jalan kita menggapai karir atau tujuan yang diinginkan.

 

Share
Komentar