11 Hal yang Harus Dilakukan Pegawai Baru di 3 Bulan Pertama Kerja

-
11 Hal yang Harus Dilakukan Pegawai Baru di 3 Bulan Pertama Kerja

Setelah melewati beberapa seleksi seperti ujian tertulis, psikotes, hingga wawancara--dengan susah payah dan mengalahkan puluhan atau bahkan ribuan pesaing, akhirnya pekerjaan yang Anda idamkan kini tercapai juga.

Tapi jangan cepat berpuas diri dulu karena tugas Anda belum selesai sampai di situ. Sekarang saatnya membuat atasan terkesan dengan Anda menjadi karyawan terbaik.

 

Mulailah dengan 11 hal berikut untuk memaksimalkan waktu tiga bulan pertama dalam posisi baru:

1. Melaksanakan serta merenungkan rencana dan tujuan yang ditetapkan pada hari pertama

Mulailah dengan merenungkan tujuan yang Anda buat pada permulaan posisi baru.

"Apapun yang Anda jual dalam wawancara, minta misi Anda untuk menunjukkan bahwa Anda akan melakukannya," ujar Amanda Augustine, pakar nasihat karir untuk TopResume.

Periksa bagaimana tujuan Anda telah berubah dan bagaimana dapat memperbaiki alur kerja untuk menyelesaikan lebih banyak dan menjadi versi diri Anda yang diinginkan pada hari pertama.

 

2. Menjadi tak ternilai bagi anggota tim dan rekan kerja

Tiga bulan adalah waktu yang cukup untuk mempelajari posisi dan menjelaskan kepada rekan kerja mengenai seberapa banyak kelebihan yang dapat Anda tawarkan.

Agustinus mengatakan bahwa dimulai pada minggu pertama, Anda harus hadir dalam pertemuan dan percakapan serta membangun keahlian Anda untuk menjadi orang yang masuk ke tim.

3. Menemukan cara untuk mengatasi frustrasi yang mempengaruhi tim 

Annabel Action, pendiri Never Liked It Anyway, berbagi beberapa trik untuk pemecahan masalah secara kreatif. Tipnya dimulai dengan proyek kecil, melarang solusi Anda, dan bahkan bertanya kepada diri sendiri "Apa yang akan dilakukan oleh pahlawan saya?"

"Menimbang bagaimana Willy Wonka bisa memecahkan tantangan kemasan, bagaimana Coco Chanel bisa mengatasi masalah komunikasi, dan bagaimana Salvador Dali akan merampingkan rantai pasokan bisa sangat mencerahkan," tulisnya.

 

4. Mengevaluasi kembali kelompok sosial dan relasi

 

Mungkin mudah untuk merasa nyaman dengan tetangga kantor kita, tapi begitu Anda mengenal mereka, saatnya untuk memperluas relasi dan bertemu dengan orang lain di perusahaan. Anda mungkin ingin memulainya dengan meminta saran dan perspektif mereka.

"Orang-orang bersedia untuk berbicara tentang diri mereka sendiri," ujar Rachel Bitte, kepala petugas di perusahaan rekrutmen perangkat lunak Jobvite, "Orang-orang bersedia membagikan apa yang mereka pelajari di lapangan itu. Jadi jangan takut untuk memanfaatkan jaringan itu, hanya untuk sekadar belajar."

 

5. Mengeksplorasi cara baru untuk meraih lebih banyak

Stewart Butterfield, CEO Slack, mengatakan kepada Adam Bryant dari The New York Times bahwa dia mendorong karyawan untuk bereksperimen dan berinovasi.

"Saya merasa seperti orang-orang di awal mereka, sampai pertengahan 20-an sangat sungguh-sungguh," katanya, "Mereka sangat serius, dan mereka ingin merasa seperti mereka telah menyelesaikan banyak hal pada usia yang sangat muda daripada hanya mencoba untuk mencari tahu. Jadi saya mencoba mendorong mereka menuju sikap yang lebih eksperimental. "

 

6. Terus memperbaiki kebiasaan buruk

 

Charles Duhigg, penulis "The Power of Habit," menulis dalam bukunya:

"Biasanya, orang yang berolahraga dan mulai makan lebih baik akan menjadi lebih produktif di tempat kerja. Mereka merokok lebih sedikit dan menunjukkan lebih banyak kesabaran dengan rekan kerja dan keluarga. Mereka sering menggunakan kartu kredit mereka dan mengatakan bahwa mereka merasa kurang stres. Latihan adalah kebiasaan kunci yang memicu perubahan luas."

Kegiatan positif lainnya yang dapat memperbaiki pekerjaan Anda mungkin mencakup meditasi, menulis, melukis, atau membaca.

 

7. Mengidentifikasi penyebab boros waktu dan menghilangkan kebiasaan itu

Kita semua bersalah membuang-buang waktu di sana-sini, tapi keputusan ada di tangan Anda mau coba menghilangkan kebiasaan buruk itu atau tidak.

Jika Anda berniat untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu, langkah pertama adalah mencatat bagaimana Anda menghabiskan hari sehingga Anda dapat mengidentifikasi tugas paling produktif dan paling tidak produktif.

 

8. Selalu menunjukkan nilai kepada perusahaan

 

Orang-orang sukses akan selalu menunjukkan berapa banyak nilai yang mereka bawa ke peran masing-masing.

"Saya tidak pernah berpikir untuk meyakinkan siapa pun tentang sesuatu. Saya pikir dalam hal memberi inspirasi kepada mereka," kata Robin Dreeke, seorang agen FBI, "Jika Anda ingin pindah ke posisi kepemimpinan, atau ingin pindah ke perusahaan, hal pertama yang harus ditanyakan kepada diri sendiri adalah, 'Bagaimana saya bisa menginspirasi mereka untuk menginginkan saya?'".

Dia melanjutkan, "Anda harus mengerti apa yang penting bagi mereka. Bagaimana mereka melihat kemakmuran? Apa yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah pekerjaan mereka?".

 

9. Menetapkan tujuan baru sesuai harapan manajer

Setelah Anda memiliki waktu untuk menyelesaikan daftar tujuan yang ingin dicapai, berkonsultasilah dengan manajer untuk mengetahui apakah tujuan Anda masih sesuai.

"Ini adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan umpan balik awal mengenai apa yang Anda lakukan dengan benar, apa yang perlu dilakukan dengan lebih baik, dan bagaimana Anda bisa menghabiskan waktu Anda minggu depan untuk mendapatkan keuntungan terbesar dari tim," Natalia Autenrieth menulis di TopResume.

 

10. Mengambil setiap kesempatan untuk menjalin hubungan dengan rekan kerja

Joanna Coles, mantan pemimpin redaksi Cosmo dan Marie Claire, mengatakan bahwa berhubungan dengan teman sebaya sama pentingnya berhubungan dengan atasan.

"Hal yang selalu saya coba dan katakan kepada kaum muda yang memulai kerja adalah kelompok sebaya benar-benar memiliki pengaruh terpenting dalam hidup karena Anda akan bangkit dan jatuh bersama," katanya.

"Saya selalu mendapat pekerjaan melalui ikatan persahabatan dan rekomendasi seseorang yang tahu pekerjaan," tambahnya.

 

11. Menghidupkan kembali hubungan dengan mantan rekan kerja

Agustinus mengatakan bahwa di awal posisi baru, pegawai baru harus kembali berhubungan dengan orang-orang di perusahaan lama dan meminta rekomendasi.

Waktu terbaik untuk mendapatkan rujukan bukan saat Anda mencari pekerjaan, tapi jauh sebelum Anda membutuhkannya.

Komentar