7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda

-
7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda

 

Anda sibuk namun tidak ada satu pun pekerjaan yang selesai? Anda merasa punya sedikit waktu mengerjakan semua tugas kantor? Atau Anda sering pusing karena di akhir hari masih banyak tugas yang belum diselesaikan?

Jika jawaban Anda ya untuk satu pertanyaan di atas, Anda bisa jadi belum produktif. Guna membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja. Berikut adalah tujuh cara yang layak Anda coba.

1. Rencanakan apa yang akan dikerjakan

Biasakan diri untuk merencanakan pekerjaan Anda. Ada dua pendekatan yang dapat Anda coba. Pertama, merencanakan pekerjaan sehari sebelumnya. Kedua, merencanakan pekerjaan mingguan di Minggu sore atau malam.

Secara pribadi, saya lebih suka perencanaan mingguan. Mengapa? Karena saya dapat memperoleh gambaran pekerjaan yang akan dikerjakan dalam seminggu ke depan.

 

2. Perkirakan waktu pengerjaan

Setelah merencanakan, perkirakan juga waktu untuk mengerjakan setiap tugas atau pekerjaan. Akan lebih baik lagi jika Anda membuat strategi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih cepat. Sebagai contoh, tugas A diperkirakan membutuhkan waktu 3 jam. Buat strategi untuk menyelesaikan tugas tersebut dalam 2,5 jam (setengah jam lebih cepat).

Dengan demikian. Anda memiliki waktu luang untuk rehat sejenak atau mengerjakan tugas berikutnya.

 

3. Fokus pada 3 tugas terpenting

Sebagai karyawan, Anda memiliki setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya, bukan? Jika Anda stres memikirkan tumpukan pekerjaan tersebut, mulai sekarang hilangkan rasa tersebut. Yang pertama Anda lakukan adalah mengelompokkan pekerjaan tersebut berdasarkan tingkat kepentingannya.

Setelah itu, fokus mengerjakan 3 tugas terpenting dalam satu hari kerja. Biasakan mengerjakannya seawal mungkin, misalnya dari jam 8 sampai 11:30.

Mengapa? Karena pada waktu tersebut stamina dan konsentrasi Anda masih baik. Bila tugas-tugas terpenting Anda sudah selesai, Anda dapat mengerjakan tugas-tugas lain yang tingkat kepentingannya rendah.

 

4. Hilangkan gangguan

Serapi atau sebaik apa pun Anda merencanakan pekerjaan, semua itu tidak akan membantu kalau banyak gangguan. Tidak ada jalan lain, Anda harus menghilangkan gangguan-gangguan yang akan muncul sehingga Anda dapat fokus menyelesaikan pekerjaan Anda.

Untuk tujuan tersebut, beberapa cara di bawah ini mungkin cocok bagi Anda:

  • Pasang label “Jangan Menggagu” di pintu ruangan Anda
  • Matikan atau senyapkan telepon genggam Anda
  • Matikan koneksi internet ke laptop Anda
  • Jadwal ulang rapat yang kurang penting
  • Katakan pada teman kerja bahwa Anda sedang fokus bekerja
  • Menghindari teman kerja yang malas

 

5. Delegasikan tugas yang kurang penting

Cara lain untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan mendelegasikan tugas-tugas yang kurang penting kepada bawahan Anda (jika Anda seorang atasan). Ini penting karena akan membuat Anda fokus kepada pekerjaan penting yang membutuhkan konsentrasi dan waktu Anda.

Di sisi lain, Anda juga memberikan kepercayaan kepada bawahan untuk mengerjakan beberapa tugas Anda.

 

6. Lakukan kaji ulang mingguan

Trik lain meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan melakukan kaji ulang mingguan (weekly review). Aktivitas ini mudah dilakukan karena Anda tinggal membandingkan pekerjaan yang selesai dengan target atau rencana pekerjaan Anda.

Jika target pekerjaan belum tercapai, Anda harus mengetahui penyebabnya. Di hari-hari berikutnya, hindari penyebab tersebut sehingga Anda menjadi lebih produktif.

 

7. Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat juga meningkatkan produktivitas kerja Anda. Jamak diketahui, jam-jam kerja penuh tekanan dan membutuhkan konsentrasi tinggi sehingga tubuh Anda lelah.

Dengan berolahraga (misalnya seminggu tiga kali), stamina dan konsentrasi Anda akan terpulihkan. Karena itu, jika Anda karyawan yang bekerja dari pagi sampai sore, jangan tidur sepulang kerja. Upayakan berolahraga minimal 30 menit, misalnya dengan jalan kaki, lari, atau bermain futsal.

 

Meningkatkan produktivitas kerja memang membutuhkan strategi tertentu. Anda perlu mencoba beragam cara sehingga menemukan cara yang cocok untuk lebih produktif. Sebagai permulaan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba ketujuh cara di atas.

 

Komentar