5 Tips yang Bisa Kamu Terapkan Supaya Bisa Pulang Bekerja Tepat Waktu

Kamu seorang karyawan atau seorang pekerja di kantor? Kerja lembur merupakan hal yang pasti sudah tidak baru lagi dan sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Ada banyak sekali alasan mengapa beberapa pekerja sering lembur dalam bekerja. bisa saja salah satu alasannya adalah karena pekerjaan mereka belum selesai pada waktunya. Sehingga mau tidak mau mereka harus menyelesaikan pekerjaan mereka meskipun jam kerja sudah habis.

Terlalu sering bekerja lembur ternyata tidak cukup baik untuk kesehatan kamu ataupun untuk kamu yang sudah mempunyai keluarga. Makanya kamu jangan terlalu sering kerja lembur. Kalau sesekali tidak menjadi sebuah masalah, tetapi jika terlalu sering akan menimbulkan masalah lho.

 

Ada yang tahu apa saja tips yang bisa dilakukan supaya kamu bisa pulang tepat waktu dan kamu tidak akan terlalu sering lagi lembur dalam berkerja? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Bulatkan tekad dari mulai pagi hari

Hal pertama yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa pulang kerja tepat waktu adalah dengan cara membulatkan tekad dan niatmu di pagi hari. Banyak orang yang berkata bahwa pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berdoa dan membulatkan tekad serta membuat rencana-rencana untuk melewati hari-hari kamu ke depan. Jika niat kamu sudah bulat maka kamu akan berjuang sekeras mungkin agar kamu bisa pulang ke rumah tepat waktu dan bertemu bersama keluarga tercinta kamu.

 

2. Kerjakan terlebih dahulu pekerjaan yang paling penting

Untuk menjaga agar pekerjaan kamu tidak keteteran dan tidak lembur lagi Makanya kamu harus mengerjakan pekerjaan kamu yang paling penting terlebih dahulu. Cobalah untuk bisa memisahkan mana pekerjaan kamu yang paling penting sampai pekerjaan kamu yang kurang terlalu penting. 

Jika ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu juga maka cepatlah kerjakan agar kamu bisa cepat pulang dan tidak kerja lembur lagi.

 

3. Berhentilah menggunakan waktu bekerja kamu dengan hal-hal yang kurang produktif

Jika kamu masih ingin pulang tepat waktu maka berhentilah untuk bercanda atau berhentilah untuk membuang-buang waktu yang tidak produktif. Saat tiba di kantor cobalah untuk tidak mengulur-ulur waktu dalam bekerja. Misalnya bercanda bersama teman-teman, ngobrol yang tidak jelas atau melakukan hal-hal yang lainnya lagi yang sebenarnya tidak produktif. Kalau kamu pandai menggunakan waktu sebaik mungkin, dijamin deh pasti kamu tidak akan terlalu sering kerja lembur ataupun kamu tidak akan terlalu sering telat pulang ke rumah.

 

4. Gunakan juga teknologi

Kita hidup di era teknologi. Sangat sayang sekali jika  kita tidak menggunakan teknologi dengan sebaik mungkin. Cobalah untuk menggunakan alat-alat teknologi yang bisa membuat pekerjaan kamu menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Misalnya kamu bisa memasang sebuah aplikasi yang bisa memblokir situs-situs yang bisa muncul secara tidak terduga. Biasanya situs-situs tidak jelas tersebut akan membuat kerjaan kamu menjadi terhambat lho. 

 

5. Mintalah bantuan teman saat ada pekerjaan yang terasa sulit

Manusia adalah mahluk sosial, jadi kamu tidak akan pernah bisa mengerjakan sesuatu sendirian. Jika kamu mempunyai masalah dengan pekerjaan kamu yang sulit untuk dikerjakan, cobalah untuk meminta bantuan dan saran dari rekan kerja kamu. Jangan pernah malu untuk bertanya kepada rekan kerja guys. Tetapi kamu juga harsu ingat, jangan sampai kamu mengganggu dia guys, jika kamu melihatnya sedang sibuk, lebih baik kamu mencari orang lain untuk dimintai tolong.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa pulang kerumah dengan tepat waktu. Segera kerjakan tugas kamu dari sekang, karena keluarga kamu sedang menunggu kamu dirumah guys.

 

Share
Komentar