10 Tips Bekerja Cepat

-
10 Tips Bekerja Cepat

Stres dan panik dapat dipicu karena kerja di bawah tekanan. Tak jarang banyak pekerja dapat mengatasinya. Lalu bagaimana cara Anda mempertahankan kualitas pekerjaan Anda sembari bekerja cepat?

Untuk bekerja lebih cepat, anda perlu daya tahan dan konsentrasi lebih. Anda harus dapat menyeimbangkan kualitas dan lamanya waktu bekerja. Berikut 10 Tips Bekerja Cepat:

 

1. Perencanaan

Anda disarankan untuk menulis perencanaan apa yang akan Anda lakukan. Anda dapat menandai kegiatan Anda pada kalender. Hal ini mempermudah Anda untuk memprioritaskan mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

 

2. Disarankan untuk menghindari Multitasking

Banyak orang menganggap mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus akan menjadi produktif. Bisa saja focus Anda terbagi- bagi. Akan lebih baik jika Anda menyelesaikan satu tugas sampai selesai, istirahat, lalu kerjakan pekerjaan selanjutnya.

 

3. Mendesak tidak selamanya berarti penting

Tak jarang Anda mendapat desakan dari beberapa pihak untuk mengerjakan tugas. Namun tetap bersikap focus dan jangan panic. Jika Anda merasa desakan itu bukan sesuatu hal yang harus diprioritaskan, maka Anda harus atur ulang prioritas Anda dan tetap focus mengerjakan pekerjaan yang lebih penting.

 

4. Simpan gadget

Simpan gadget lain agar Anda focus mengerjakan pekerjaan. Saat Anda memegang gadget lain, Anda akan merasa rileks dan terus mengoperasikan gadget Anda yang dapat mengganggu fokus Anda sebelumnya.

 

5. Istirahat

Anda harus tetap istirahat sejenak walau banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Istirahat dapat dilakukan dalam berbagai cara misalnya bangun dari tempat duduk dan berolahraga ringan. Anda harus mengistirahatkan tubuh Anda, khususnya mata yang lelah karena terus menerus melihat layar computer. Keluar dan mencari udara segar sejenak membuat anda kembali berenergi dan bersemangat  kembali.
 

6. Konsentrasi

Walau banyak gangguan dari orang-orang, namun usahakan Anda tetap fokus pada kerjaan Anda.

 

7. Bayangkan hal-hal menyenangkan

Saat Anda akan memulai mengerjakan tugas, bayangkan hal menyenangkan yang akan terjadi disaat Anda telah menyelesaikan tugas. Anda dapat membayangkan bersenang-senang dengan keluarga Anda. Hal ini dapat meningkatkan semangat dalam mengerjakan tugas.

Fokuslah pada hal tersebut dan Anda akan menjadi lebih mudah mengerjakan tugas dan menghindari aktivitas kurang efektif dan penting dalam pekerjaan Anda.

 

8. Rayakan Keberhasilan Kecil

Jangan lupa untuk merayakan pencapaian Anda agar semangat terus meningkat dalam bekerja.

 

9. Belajar bilang “tidak”

Jangan terlalu memforsir tenaga Anda untuk selalu membuka diri menerima pekerjaan baru di saat pekerjaan Anda menumpuk. Tahan untuk tidak mengatakan "iya" saat ditawari proyek yang Anda tidak yakin bisa selesaikan.
 

10. Jangan terlalu banyak mengeluh

Daripada mengeluh "saya sibuk banget!" lebih baik berfikir "Saya sudah lebih dekat dengan target". Kalimat semacam ini bisa memberi Anda motivasi lebih.

 

Komentar