Ini Pola Pikir yang Bisa Sukseskan Karirmu!

-
Ini Pola Pikir yang Bisa Sukseskan Karirmu!

Merasa karir kamu mentok atau stuck di situ-situ aja? Coba tengok ke dalam dirimu sebelum kembali mengeluh. Bisa jadi penyebab stuck-nya karir kamu bukan rekan kerja, tempat kerja, ataupun atasan. Masalah tersendatnya karir bisa saja ada di cara berpikirmu. Bingung cara berpikir seperti apa yang tidak akan membuat karirmu stuck? Berikut beberapa pola pikir untuk sukseskan karirmu .

1. Berani gagal
Ketika membaca kisah dibalik kesuksesan orang-orang besar yang tercatat dalam sejarah, kamu pasti akan menemukan bahwa mereka pernah mengalami kegagalan. Tidak hanya satu atau dua kali, beberapa dari tokoh besar itu bahkan mengalami kegagalan hingga ribuan kali. Mereka adalah contoh hidup bahwa kegagalan adalah ibu dari kesuksesan.

Kamu pun bisa sukses dengan cara yang sama. Beranilah untuk gagal. Pola pikir ini akan mendorong kamu untuk keluar dari comfort zone dan mencoba hal baru. Mereka yang takut gagal, cenderung akan memilih untuk berada pada posisi mereka sekarang. Hal ini akan membatasi kamu untuk berkembang.

Jangan mengurung dirimu dalam comfort zone. Keluarlah dari zona itu dan coba hal baru. Kamu bisa lebih berkembang dengan mencoba hal baru meskipun gagal. Gagal bukanlah masalah, bahkan kegagalan justru bisa menjadikanmu lebih baik lagi.

2. Minta Bantuan
Banyak karyawan baru berpikir bahwa mereka harus menyelesaikan segala sesuatu sendiri. Pola pikir seperti ini, sebenarnya justru menghambat kerja kamu, lho. Setiap orang punya batas kemampuan masing-masing. Ketika kamu menerima tugas melebihi kemampuanmu, memaksakan diri bekerja sendiri justru akan membuat pekerjaan kamu berantakan, atau bahkan tidak satu pun terselesaikan.

Meminta bantuan pada rekan sesekali bukanlah hal yang terlarang, apalagi jika tugas yang kamu terima sudah melampaui batas kemampuanmu. Jangan takut untuk meminta bantuan rekan kerja. Carilah rekan yang memiliki waktu lebih atau sedang tidak mengerjakan tugas berat. Rekan yang baik, akan dengan senang hati membantumu.

3. Bandingkan kinerja sendiri
“Kalau saya yang mengerjakan pasti hasilnya lebih bagus.”
“Dia cepat sekali mencapai target.”

Pernah mengungkapkan kalimat seperti di atas? Itu artinya kamu suka membandingkan diri dengan orang lain. Jika kamu punya kebiasaan ini, kamu harus mengubahnya sekarang juga! Kebiasaan ini hanya akan membuang waktu, bahkan bisa membuatmu minder atau justru sombong. Ketika kamu terlarut dalam rasa kurang percaya diri, kinerja kamu pasti akan banyak terpengaruh. Sama halnya ketika kamu terlalu tinggi diri.

Daripada membandingkan dengan orang lain, lebih baik mulai bandingkan dirimu sendiri. Membandingkan kinerja kamu hari ini dan kemarin akan jadi hal yang lebih berguna, Sobat. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah mengenal kelebihan dan kekuranganmu. Mengevaluasi cara kerjamu akan membuatmu lebih teroganisir dalam berkembang.

4. Berpikir maju
Berpikirlah lebih maju. Perbanyak menggunakan kata-kata yang menggambarkan kemajuan saat kamu menulis atau mengungkapkan tujuanmu untuk hari-hari selanjutnya. Daripada menuliskan,

Aku akan mencapai target!

Tulislah,

Aku akan menjadi karyawan yang lebih baik dengan mengembangkan cara bekerjaku agar pekerjaan dapat terselesaikan lebih cepat!

Panjang memang, tapi menuliskan goals kamu secara terperinci akan lebih membantu kamu berkembang karena kamu sudah mendapat gambaran jelas mengenai bagaimana kamu mencapainya dan kemana kamu harus bergerak. Bosan lihat tulisan? Kamu juga bisa berkreasi dengan mengubah tulisan kamu ini dalam bentuk mind map. 

4 hal dasar itu dimiliki hampir semua orang sukses lho, Sobat! Kamu masih mau sukses? Yuk tanamkan pola pikir orang sukses sekarang!

 

Komentar