Inilah 5 Cara Efektif dalam Mengontrol Emosi di Kantor

-
Inilah 5 Cara Efektif dalam Mengontrol Emosi di Kantor

Setiap pekerjaan pasti memiliki tingkat kesulitan dan beban tersendiri. Selain itu, adanya sedikit hambatan dan halangan dalam melakukan pekerjaan juga merupakan hal yang wajar. Namun, apa jadinya jika Anda adalah orang yang memiliki sifat emosional atau sedang mengalami hari yang buruk. Hal-hal dan gangguan yang dialami saat bekerja di kantor, tentu mampu membuat emosi Anda tersulut. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan.

Ini 5 cara ampuh untuk membantu mengontrol emosi di kantor.

1. Tingkatkan Kemampuan Diri

Masalah yang muncul ketika bekerja tidak selalu berasal dari lingkungan. Mungkin saja Anda memang masih belum cukup baik dalam melakukannya, sehingga pekerjaan menjadi terkesan sulit dan lama. Salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan kemampuan dalam bekerja. Coba untuk menilai dimana letak kekurangan Anda, dan latih hal tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

 

2. Berkomunikasi

Emosi yang meluap-luap adalah salah satu contoh dimana Anda belum bisa mengontrol emosi secara matang. Anda bisa mencoba untuk mengkomunikasikannya kepada teman-teman terdekat Anda. Cobalah untuk selalu jujur dan terbuka akan apa yang Anda rasakan dan apa yang menyebabkan emosi tersebut. Kekesalan yang dikomunikasikan akan memiliki efek yang lebih baik dibandingkan dengan yang hanya didiamkan saja. Namun, pastikan untuk selalu berusaha mengeluarkan kekesalan tersebut dengan cara yang sopan dan tenang.

 

3. Adaptasi dengan Lingkungan

Satu hal yang sering membuat orang cepat emosi di kantor yaitu adanya gangguan-gangguan dari lingkungan sekitar. Hal ini memang susah untuk dihindari, terlebih memiliki rekan-rekan kerja yang tidak mendukung untuk menciptakan suasana yang kondusif. Untuk masalah ini, Anda dituntut untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan. Anda bisa mencoba untuk tidak menghiraukan gangguan-gangguan tersebut dengan cara tetap bekerja dengan fokus. Apabila gangguan yang Anda alami sudah melewati batas, maka Anda bisa dengan sopan melaporkannya kepada atasan untuk ditangani.

 

4. Membawa Bahan Hiburan

Di kantor, Anda bisa mencoba untuk menikmati hiburan seperti buku atau fim di jam istirahat. Jangan hanya terpaku dengan pekerjaan semata, karena dapat meningkatkan tingkat stres. Membaca buku favorit atau menonton film komedi dapat memberikan sensasi yang menyenangkan saat bekerja.

 

5. Melakukan Aktivitas Fisik

Kemarahan merupakan jenis energi negatif yang berasal dari dalam tubuh. Cobalah untuk rutin melakukan olahraga yang menenangkan pikiran dan jiwa, seperti yoga. Yoga dapat membantu pikiran menjadi lebih rileks dan fokus, yang dapat membantu mengontrol emosi di kantor. Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga fisik lainnya. Olahraga terbukti efektif untuk membuang energi negatif dalam tubuh dan memberikan ketenangan pada emosi.

 

Mengontrol emosi saat bekerja sangat penting untuk membantu kelancaran dan perkembangan karir Anda. Anda bisa mulai menerapkan cara-cara di atas, apabila memang memiliki masalah dalam mengontrol emosi yang berlebihan. Semoga bermanfaat.

 

Komentar