Kalau tidak mau jadi masalah ke depannya, Anda perlu hati-hati menjaga ucapan Anda kepada rekan kerja. Jangan sampai ucapan-ucapan Anda yang Anda sangka hanya ucapan sepele bisa menganggu kenyamanan kerja, membuatnya sakit hati dan menjadi bumerang bagi diri sendiri.
1. Menyinggung Perselingkuhannya
Apalagi kalau nyata-nyatanya Anda dan dia tidak dekat sebagai rekan kerja. Anda tidak perlulah menyinggung ataupun menanyakan mengenai gosip perselingkuhannya. Itu hanya akan menciptakan masalah bagi Anda. Anda juga bukan orang yang sempurna bukan, untuk apa mengurusi masalah orang lain.
2. Menjadikan Kesalahannya Sebagai Bualan
Mungkin Anda merasa lucu dengan kesalahan rekan kerja tersebut dan sepertinya asyik kalau menjadikannya lelucon. Tapi coba Anda bayangkan kalau Anda di posisinya apakah Anda juga mau dijadikan candaan? Ditertawakan oleh satu kantor karena kesalahan yang sebernarnya tidak besar-besar amat?
3. Mengomentari Fisik
Mengomentari fisik adalah hal yang sangat sensitif. Apalagi persoalan fisik rekan kerja tersebut bukan masalah berat badan melainkan kekurangan fisik. Tentunya sangat menyakitkan hatinya kalau Anda menyinggung hal yang sebenarnya mau ditutup - tutupinya. Anda sendiri apa mau dijadikan candaan untuk kekurangan Anda? Sebelum Anda melakukannya kepada orang lain cobalah terlebih dahulu bercermin apakah hal ini baik untuk Anda.
4. Membicarakannya di Belakang
Jangan juga suka membicarakannya di belakang orangnya. Kalau Anda berani katakan langsung kepada orangnya secara blak-blakan jangan hanya beraninya saat orangnya tidak ada. Seharusnya yang Anda tahu cepat atau lambat apa yang Anda katakan tersebut akan sampai kepada orangnya. Kalau dia tipe pendendam bukan tak mungkin omongan Anda ini disimpannya baik-baik dan kelak akan dipergunakannya untuk melakukan hal yang sama - bahkan lebih di waktu yang tepat.
5. Mengucapkan makian
Tidak ada yang bisa menahan Anda untuk tidak terbawa emosi. Toh itu perasaan Anda, dan mengenai perasaan sendiri hanya Anda sendiri yang bisa mengaturnya. Masalahnya adalah Anda harus menjaga perasaan orang apalagi rekan kerja. Jika ada masalah hindari mengucapkan kata-kata kasar - terutama makian yang hanya akan semakin memperuncing masalah.