Kapan Saat yang Tepat Melakukan Perubahan Karier?

-
Kapan Saat yang Tepat Melakukan Perubahan Karier?

Jika kamu tidak berganti jabatan dalam beberapa tahun belakang, mungkin kamu sekarang bertanya-tanya apakah hal tersebut menghambat karier atau malah bagus untuk kariermu. Karyawan yang merupakan Si Kutu Loncat  pasti menyarankan untukmu segera pindah ke kantor yang baru, karena memang terlalu lama menyandang jabatan yang sama pasti menghadirkan pertanyaan seputar ambisi dan motivasimu.

 

Jadi, apa yang harus dilakukan agar bisa seimbang?

Sebenarnya, tidak ada patokan yang pasti mengenai berapa lama seseorang harus bertahan di jabatan yang sama. Terlebih lagi, di zaman seperti saat ini yang kebanyakan dunia kerja diisi oleh Baby Boomers Gen X, Gen Y dan Generasi Millenial yang pastinya keempat generasi tersebut mempunyai ekspetasi karier dan values yang berbeda. Walaupun begitu, ada tiga faktor terbesar yang mempengaruhi karier seseorang; gaji, keseimbangan kehidupan dan karier dan juga lingkungan kantor.

 

Apakah Gaji Sekarang Sudah Sesuai?

Apa kamu merasa gajimu yang sekarang pantas dengan beban pekerjaan saat ini? Jika jawabannya tidak – dan kamu tidak berhasil melakukan negoisasi kenaikan gaji – maka ini saatnya waktu yang tepat untuk mendapatkan karier yang baru dengan gaji sesuai kemampuanmu.

 

Apakah Banyak Hal Baru yang Telah Dipelajari?

Apakah kamu merasa bosan dan tidak ada tantangan? Jika kamu merasa tidak ada yang bisa dipelajari lagi dari jabatanmu saat ini, maka segeralah mencari karier baru.

 

Apakah Ada Kesempatan untuk Berkembang?

 

Orang sukses selalu menyukai tantangan dan tidak pernah berhenti belajar. Jika jabatanmu saat ini stagnan dan tidak menawarkan kesempatan untukmu berkembang, maka ini saatnya untuk pindah karier.

 

Apakah Tekanan Pekerjaanmu Sangat Berat dan Membuat Stres?

Kerja memang penting – namun tidak kalah penting dibanding kesehatan dan kehidupan pribadimu. Pikirankan kembali apakah stres yang kamu alami sebagian besar dikarenakan oleh pekerjaan atau tidak.

 

Apakah Kemampuanmu Sudah Digunakan Seluruhnya?

Kebanyakan orang biasanya menyenangi hal yang mereka mahir dan mempunyai kemampuan dalam hal tersebut. Ingat-ingat kembali apakah kamu telah menggunakan kemampuan utamamu sehingga dapat menghasilkan yang terbaik.


Apakah Jabatanmu Saat ini Berkontribusi Langsung ke Tujuan Utamamu dan Ambisimu?

Jika kamu mempunyai rencana untuk pindah kerja, maka ini saat yang tepat untuk mengingat kembali apa karier goals kamu. Apabila pekerjaanmu saat ini berperan penting dalam menunjang karier impianmu, maka sudah pasti serap ilmu yang kamu bisa dalam menjalani pekerjaan ini. Jika tidak, maka review kembali apa karier goals-mu dan langkah apa yang harus ambil selanjutnya.

 

Apa yang Harus Kamu Lakukan Selanjutnya?

Setelah kamu memikirkan hal-hal di atas, ini saatnya untuk melihat solusi kemungkinan yang bisa terjadi. Apakah masalah yang kamu hadapi dapat teratasi walau tanpa pindah kerja? Coba datangi manajermu dan berdiskusi dengan beliau mengenai apakah kamu bisa mendapat tantangan lebih, atau pindah department agar bisa mempelajari hal baru atau cara simplelainnya adalah dengan mengambil cuti agar kamu bisa beristirahat menenangkan pikiran. 

 

Apabila kamu belum juga menemukan solusi pada pekerjaan saat ini, maka kamu bisa memilih pilihan berikut;

  • Posisi baru di bidang industri yang sama
  • Posisi yang sama dengan saat ini namun di bidang yang baru
  • Posisi baru di bidang indusri yang baru

 

Keputusan untuk pindah kerja memang merupakan keputusan personal dan faktor yang mempengaruhinya berdasarkan kepuasan atas pekerjaan, career goals dan juga adanya kesempatan. Walaupun ada banyak suara yang pro maupun kontra dengan keputusan nanti, pastikan kamu yakin bahwa langkah yang diambil merupakan yang terbaik untukmu.

Komentar