Peluang Kerja untuk Kamu yang Suka Kegiatan Administratif

-
Peluang Kerja untuk Kamu yang Suka Kegiatan Administratif

Hobi menata buku-buku dengan super rapih? Atau suka jadi sekretaris organisasi? Kalau jawaban kamu iya, artinya kamu punya orientasi tinggi pada pengelolaan dan pengorganisiran. Kebiasaan kamu ini bisa membuka banyak peluang kerja untuk kamu, lho! Orientasi pada tata kelola adalah ciri orang yang cocok bekerja di bidang administrasi. Hampir setiap perusahaan membutuhkan karyawan khusus untuk mengurus administrasi mereka. So, ada banyak perusahaan di luar sana yang membutuhkan kamu. Yuk simak list pekerjaan yang cocok untuk kamu


Financial risk officer

Umumnya, orang ahli dalam kegiatan administratif memiliki pemikiran yang lebih sistematis dan mendetail. Pemikiran seperti ini sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang financial risk officer.

Seorang financial risk officer betugas melakukan analisa lingkungan untuk menetapkan konteks yang ada hubungannya dengan risiko yang mungkin mempengaruhi suatu perusahaan, seperti masalah politik, ekonomi, sosial dan budaya. Selain itu, kebiasaan melakukan segala sesuatu sesuai aturan akan membantu kamu menjadi financial risk officer yang sukses karena memastikan sistem procedural perusahaan berjalan sesuai aturan adalah salah satu tugas yang akan kamu lakukan.


Quality control

Jika financial risk officer bertugas memastikan suatu sistem berjalan sesuai aturan, seorang quality control bertugas memastikan suatu produk memenuhi standar kualitas. Agar memenuhi standar kualitas, quality control suatu perusahaan meneliti produk dan proses produksi. Bekerja di posisi ini akan mencakup monitoring, uji-tes dan memeriksa semua proses produksi suatu produk.

Cocok banget kan buat kamu yang terbiasa mengikuti setiap aturan?


Sekretaris

Dikutip dari Wikipedia, sekretaris adalah sebuah profesi administratif yang bersifat asisten atau mendukung. Tugas seorang sekretaris adalah membantu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan teknis yang cukup penting bagi atasan.

Karena seorang sekretaris akan menjalani perkerjaan rutin, seperti menyusun jadwal atasan, menerima dan mengurus surat serta panggilan yang ditujukan untuk atasan, perusahaan akan mencari orang yang tidak cepat bosan. Itulah kenapa kamu yang suka melakukan kegiatan rutin dan ahli mengorganisir bisa punya peluang kerja yang lebih besar di profesi ini.

Selain itu, kamu juga akan dihadapkan tugas-tugas administratif seperti mencatat hasil rapat, menyusun surat-surat kerja dan melakukan pengarsipan dokumen-dokumen. Tugas seperti ini paling tepat dikerjakan oleh karyawan yang terbiasa mengorganisir.


General Affair

Apa itu general affair? General affair adalah unit pendukung yang memberikan pelayanan-pelayanan kepada unit-unit lain. Seorang general affair memiliki kewajiban untuk mengurus seluruh perijinan yg dibutuhkan oleh perusahaan, menjaga hubungan baik dengan pemerintah daerah setempat dan lingkungan sekitar perusahaan, mendukung pemeliharaan, serta perbaikan sarana kantor. Mendukung pemeliharaan sarana kantor ini dilakukan dengan memastikan ketersediaan kebutuhan kantor, serta pengamanan Fasilitas kantor dan aset perusahaan.

Tidak hanya itu, general affair juga melakukan tugas administrasi, lho Sobat! Salah satu kewajiban kamu jika mengisi posisi ini adalah mencatat dan menyusun laporan aset perusahaan.


Arsiparis

Dari namanya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak apa pekerjaan seorang arsiparis ini? Jika kamu menebak tugas seorang arsiparis berhubungan dengan arsip, kamu 100% benar, Sobat! Arsiparis memang melakukan kegiatan kearsipan. Kegiatan kearsipan sendiri adalah kegiatan dalam bidang pembinaan, pengelolaan, pelayanan, penilaian, dan penyelesaian arsip.

Kamu yang ahli dalam bidang administratif dan tertarik untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa mempertimbangkan posisi ini. Arsiparis ini adalah bagian dari PNS yang tugas dan tanggung jawabnya adalah melakukan kegiatan kearsipan di instansi pemerintah, seperti merancang dan mengembangan sistem pengelolaan arsip yang sesuai dengan instansi tersebut.

Komentar