Sarjana Kok Nganggur ??

-
Sarjana Kok Nganggur ??

1. Kurangnya Pengalaman Kerja

Nih buat yang semasa kuliah belum pernah magang atau kerjaannya cuman kuliah pulang- kuliah pulang.

Begitu mau masuk dunia kerja, bingung mau cerita apa pengalaman di kampusnya.

2. Gagal Psikotes Melulu

Ini juga ngeselin banget karena psikotes itu untung-untungan juga. Dan dalam sejarahnya sebenarnya psikotes itu trend yang di ciptakan psikolog supaya kepake di dunia perusahaan. Nah namanya trend langsung diikutin deh sama perusahaan lain dan seolah-olah jadi standart baku syarat penerimaan karyawan. Tau sendiri kan mental orang Indonesia yang hobi ikut-ikutan. Padahal di Eropa dan Amerika sana gak pake tuh psikotes, mereka lebih nekenin interview dan pemahaman akan suatu pekerjaan.

3. Gagal Interview

Ini ngeselin banget sumpah! Apalagi kalo udah lolos psikotes, eh gagal di interview akhir. Paling rese nya adalah ketika ada hrd/psikolog yang baca hasil psikotes kamu dan main asal Nge-judge kamu orangnya gini gini gini. Padahal kamu gak gitu. Kalau udah gitu sih tandanya udah pasti kamu gagal diterima. Daripada nambah bete di kata-katain sama tuh hrd mending labrak langsung aja. Jelasin kamu orangnya ga seperti apa yang di fitnah sama tuh hrd. Lagian kamu datang baik-baik kok malah disudutin gitu. Mereka gak berhak. Kalo perlu gebuk meja biar shock. Hahaa.

Tapi kalo ketemu hrd yang baik yah kita juga mesti jaga atittude yang baik. Kasih senyuman ramah. Dan pelajarin tuh buku2 trik interview.

4. Kurang Kualifikasi

Helloooo kamu Sarjana tapi kok program Ms Word atau Excell aja gak bisa!! Itu program dasar.

Hahaaaha. Kalo gini kasusnya mending kamu les atau minta ajarin temen deh.
Jadi baca requirement pekerjaannya, terus kamu kuasai deh. Pas interview kamu jelaskan seolah-olah kamu Expert dibidang itu. Tapi jangan terlalu kepedean, ntar dikira sombong. Nothing to lose aja bro.

5. Pencari kerja yang pemilih

Saat ini, para pencari kerja ingin mendapatkan pekerjaan dengan paket lengkap; gaji yang besar, lokasi kerja yang nyaman, tidak menggunakan sistem shift, tidak ada lembur, dsb.

Sialnyaaa broooo pekerjaan dengan kriteria gitu cuman dikit. Cuman yg bejo banget yg bisa diterima.

Rata-rata kerjaan sekarang gaji ump, jam kerja tidak terbatas!! Rese nya adalah mereka bilang kalo ini emang PASSION kamu harusnya rela kerja unlimitted!

Note: Jangan sia-siakan kesehatanmu. Kerja tanpa batas hari ini maka penyakit stroke di masa depan.

Males banget deh!
*kalo mau kerja unlimitted yg enak mending jadi Pengusaha

6. Perusahaan yang pemilih

Iyalah mereka berhak memilih. Kalo kamu gak diterima di perusahaan itu bukan berarti kamu Bodoh, tapi bisa aja karna gayamu berbeda dengan mereka. Misal kamu mau kerja di industri kreatif (tv,ph,advertising) tapi kamu orangnya kaku banget. Yah gak diterima.
Begitu juga dengan perusahaan yang kaku (bank,KAP,akuntan) mereka nyari yang kaku,serius,teratur. Kalo kamu orangnya nyentrik hobi ketawa ketiwi jelaslah perusahaan ini gak cocok buat kamu.

sumber:sarjanasuperbejo.wordpress.com

Komentar