Tips Pencarian Pekerjaan untuk Introvert

-
Tips Pencarian Pekerjaan untuk Introvert

1. Bagaimana Mengidentifikasi Pekerjaan yang Tepat untuk Anda

Saat anda mencari pekerjaan, perhatikan daftar pekerjaan dengan seksama untuk mendapatkan petunjuk. Uraian pekerjaan dan perusahaan, serta persyaratan yang disebutkan dalam posting, sering mengungkapkan banyak. Apakah daftar menggambarkan karyawan sebagai "bekerja dan bermain keras"? atau apakah ini menyebutkan sosialisasi disponsori mingguan yang disponsori pengusaha? orang introvert sering menghindari pertemuan kelompok, lebih memilih kesendirian atau bersosialisasi satu lawan satu. Sadarilah bahwa saat berpartisipasi dalam kegiatan sosial terkait pekerjaan mungkin bersifat sukarela, memilih keluar mungkin membatasi kemampuan anda untuk berkembang di perusahaan. Carilah posisi yang memenuhi kekuatan anda sebagai introvert. Introvert bekerja dengan baik secara mandiri, tapi juga berkembang pesat pada proyek kolaboratif. Daftar yang mencari "pemain tim" mungkin cocok. Pekerjaan yang membutuhkan orang yang "detail oriented" juga ideal untuk introvert.

2. Tekankan Kualifikasi Anda dalam Surat Sampul Anda

Di surat lamaran anda, anda ingin menyoroti pengalaman dan prestasi anda yang relevan. Tapi surat lamaran juga merupakan kesempatan untuk menekankan ciri kepribadian dan soft skill anda. Sebagai seorang introvert, anda dapat bekerja dengan baik secara mandiri, memiliki perhatian tinggi terhadap detail, dan kemampuan untuk fokus dan melewati aspek-aspek proyek yang lebih membosankan. Berikan contoh cara kemampuan ini - atau lainnya - telah bermanfaat bagi proyek atau pengusaha.

3. Mempersiapkan Wawancara sebagai Introvert

Mengabaikan kegelisahan wawancara dengan latihan dan persiapan sebelumnya. Pelajari tip bagaimana mempersiapkan wawancara sebagai introvert, termasuk saran untuk menjadwalkan wawancara dan bagaimana menjawab pertanyaan yang tidak diharapkan. Dan ingatlah satu keuntungan utama yang dimiliki introvert dalam wawancara biasanya, introvert adalah pendengar yang hebat. Gunakan kemampuan ini untuk memahami keinginan pewawancara dan kebutuhan akan pekerjaan itu, dan untuk menyesuaikan jawaban anda dengan tepat.

 

Komentar