PT Kereta Api Indonesia adalah salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam jasa angkutan kereta api yang meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi yang menjelaskan investor swasta maupun pemerintah daerah diberi peluang untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta. Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, PT KAI meluncurkan logo baru, dengan loga baru tersebut PT KAI berharap dapat memberikan semangat baru kepada pegawai PT KAI agar lebih berprestasi, bertanggung jawab dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia khususnya penumpang kereta api di indonesia. dan masyarakat Indonesia senantiasa lebih mengandalkan alat transportasi masal seperti kereta api dari pada menggunakan kendaraan pribadi mereka.
PT Kereta Api Indonesia bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai kebijakan organisasi dan kode etik perusahaan. Perusahaan memiliki pemahaman dan keinginan untuk menyesuaikan diri dengan kebijakan dan etika tersebut dan bertindak secara konsisten walaupun sulit untuk melakukannya. Adapun visi misi perusahaan digambarkan dalam simpol korporasi yang dideskripsikan sebagai berikut :
Dalam simbol tersebut memberi nilai nilai yang menggambarkan visi dan misi PT KAI :
Visi
Misi
Alamat kantor pusat :
PT Kereta Api Indonesia – KAI (Persero)
Jl. Perintis Kemerdekaan No.1
Bandung – 40117
Jawa Barat
Telp : (022)4230031
Fax : (022)4203342